Rabu, 01 Agustus 2012

asuhan keperawatan anemia


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan di segala bidang, khusunya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan, keperawatan merupakan salah satu komponennya dituntut untuk terus berkembang secara dinamis dengan masalah keperawatan dan kesehatan masyarakat yang kian kompleks
Pada bagian penyakit dalam khususnya gangguan hematotologi bukan salah satu kasus yang jarang dijumpai, terdapat banyak faktor penyakit yang disebabkan leh gangguan hematologi bila ditinjau dari segi penyebabnya, gangguan hematologi sangatlah beragam, mulai dari anemia sampai dengan gangguan hematologi berat misalnya leukemia.
Oleh karena bervariasi penyebabnya dan jenis penyakit dari gangguan hematologi ini dinamakan manifestasi klinik yang hampir sama, namun dalam perawatandan penanganannya haruslah sfesifik sama dalam arti penanggulangandan perawatan dapat membawa hasil yang memuaskanmeski tidak total ntuk penyembuhanpaling tidak mengurangi penderitaan yang terinfeksi.
Salah satu jenis gangguan hematologi yang sering dijumpai adalah anemia dimana anemia ini sangat beragam diantaranya anemia defisiensi besi, anemia aplastik, anemia hemolitik dan lain-lain
Anemia hemolitik yang penulis angkat sebagai bahan penulisan adalah merupakan suatu penyakit gangguan hematologi yang cukup serius karena disebabkan oleh umur eritrosit yang pendek di bawah 120 hari sehingga dalam perawatan dan pengobatan haruslah spesifik
Berdasarkan hal tersebut diatas, penulis menyusun karya tulis ilmiah yang berjudul Asuhan keperawatan pada Ny “H” dengan gangguan Anemia Hemolitik di Ruang Perawatan Interna RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa.
B.     Tujuan penulisan
  1. Tujuan Umum
Memproleh gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan sistem hematologi khususnya anemia hemolitik
  1. Tujuan Khusus
a.       Memproleh pengalaman  nyata dalam melaksanakan pengkajian, analisa data, dan merumuskan diagnosa keperawatan pada Ny. “H” dengan gangguan sistem hematologi “Anemia Hemolitik”
b.      Memproleh pengalaman  nyata dalam menetapkan perencanaan asuhan  keperawatan pada Ny. “H” dengan gangguan sistem hematologi “Anemia Hemolitik”
c.       Memproleh pengalaman  nyata dalam pelaksanakan asuhan keperawatan pada Ny. “H” dengan gangguan sistem hematologi “Anemia Hemolitik”
d.      Memproleh pengalaman  nyata dalam mendokumentasi asuhan keperawatan pada Ny. “H” dengan gangguan sistem hematologi “Anemia Hemolitik”
e.       Menganalisa perbedaan teori dan praktek di lapangan pada Ny. “H” dengan gangguan sistem hematologi “Anemia Hemolitik“
C.    Manfaat Penulisan
a.       Sebagai bahan untuk mengembangkan asuhan keperawatan pada Ny. “H” dengan gangguan sistem hematologi “Anemia Hemolitik”
b.      Sebagai bahan masukan bagi penulis untuk memahami lebih dalam cara perawatan klien dengan kasus “Anemia Hemolitik”
c.       Sebagai baan tambahan pengetahuan dan pengalaman bagi penulis dalam mengaplikasi ilmu yang telah diproleh selama pendidikan
d.      Sebagai bahan masukan bagi perawat khususnya dalam usaha meningkatkan pelayanan keperawatan atau kesehatan pada klien dengan kasus “Anemia Hemolitik”
e.       Sebagai informasi kepada Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa
f.       Sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan program Khusus D III Keperawatan.
D.    Metode Penulisan
Dalam penulisan kasus studi ini, penulis menggunakan metode kasus sebagai berikut :
a.       Studi kasus untuk asuhan keperawatan, maka pendekatan yang digunakan adalah proses keperawatan  mulai dari pengkajian, penyusunan diagnosa, perencanaan, tindakan dan evaluasi.
b.      Studi kepustakaan, mempelajari literatur yang berkaitan dengan atau relevan dengan isi studi kasus ini.
c.       Diskusi dengan perawat yang ada di ruangan, tenaga kesehatan yang terkait, dosen dan para pembimbing baik dari pihak institusi pendidikan maupun dari ruang perawatan Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa
E.     Lingkup Bahasan
Dalam pembahasan, penulis hanya terbatas pada Ny. “H” dengan Hemiparese Sinista di Ruang Perawatan Bagian Interna Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Kabupaten Gowa yang dirawat penulis pada tanggal  4 sampai 6 maret 2005
F.     Sistematika Penulisan
Untuk memberi gambaran karya tulis ini, maka secara sistematis diuraikan sebagai berikut :
BAB I  PENDAHULUAN 
Dalam bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, tujuan, manfaat, metode, lingkup bahasan dan sistematika penulisan.
BAB II  TINJAUN PUSTAKA
Dalam bab ini berisi hal yang mendasari penulisan yang terdiri dari :
A.    Tinjauan Medis
Tinjauan medis yang mencakup pengertian, anatomi fisiologi, etiologi, patofisiologi, manifestasi linik, pemeriksaan diagnostik dan penatalaksanaan medik.
B.     Tinjauan Keperawatan
Tinjauan keperawatan terdiri dari pengkajian, diagnosa keperawatan, perencanaan, intervensi dan rasional
BAB III TINJAUAN KASUS
Tinjauan kasus merupakan laporan studi yang berisi pengkajian termasuk pengumpulan data, analisa data, perencanaan, diagnosa keperawatan, implementasi dan evaluasi.
BAB IV PEMBAHASAN
Dalam bab ni membahas tentang kesenjangan teori dan kasus yang ada, dibahas secara sistematika mulai dari pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi.
BAB V  PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar