Minggu, 05 Agustus 2012

PRE PLANNING PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI CUCI TANGAN YANG BENAR 

PRE PLANNING PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI
CUCI TANGAN YANG BENAR
DI SD N 009 DESA RAWA ASRI
Kamis, 23 Juni 2011
A.   Latar Belakang
                 Sehubungan dengan hasil pengkajian komunitas kepada anak usia sekolah yang telah dilaksanakan Mahasiswa Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Riau di Desa Rawa Asri pada tanggal 14-20 Juni 2011 didapatkan hasil bahwa dari 46 anak sekolah 26 diantaranya mengalami masalah gigi berlobang dan karang gigi dan hasil wawancara kapada beberapa anak sekolah bahwa mereka tidak mencuci tangannya menggunakan sabun setelah bermain, BAB, makan. Untuk itu perlu diberikan penyuluhan tentang cara mencuci tangan yang benar.
                 Dari hasil kesepakatan bersama guru pengajar di SD N 009 Desa Rawa Asri bahwa pada tanggal 23 Juni 2011 diadakan penyuluhan dan demonstari tentang mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun.
B.   Proses Keperawatan Komunitas
       1.  Tujuan Umum
                     Setelah mengikuti penyuluhan dan demonstrasi kesehatan, siswa-siswi  mampu mengetahui tentang cara mencuci tangan yang benar
       2.  Tujuan Khusus
                     Setelah mengikuti penyuluhan dan demonstrasi kesehatan, siswa-siswi SD N 009 di Desa Rawa Asri mampu :
            a.  Menyebutkan pengertian cuci tangan yang benar
            b.  Menyebutkan alasan harus mencuci tangan yang benar
            c.  Menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
            d.  Menyebutkan cara cuci tangan yang benar
            e.  Menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar
            f.  Mempraktikkan cara cuci tangan yang benar
C.   Pelaksanaan Kegiatan
       1.  Topik atau Judul Kegiatan
            Penyuluhan dan demonstrasi tentang cuci tangan yang benar
       2.  Sasaran atau Target
            Siswa-siswi SD 009 di Desa Rawa Asri
       3.  Metode
            a)  Ceramah
            b)  Praktek
            b)  Tanya Jawab
       4.  Media dan Alat
            a)  Infocus
            b)  Leaflet
       5.  Waktu dan Tempat
            Hari/Tanggal               :    Kamis, 23 Juni 2011
            Waktu                         :    08.30 s.d 10.00 WIB
            Tempat                        :    Di lapangan SD N 009
       6.  Setting Tempat
       7.  Susunan Kegiatan
No.
Acara
Metode
Waktu
1.
2.
3.
4.
5.
Pembukaan
Persentasi
Demonstrasi
Tanya jawab
Penutup
Ceramah
Ceramah
Praktek
Diskusi
Ceramah
5 menit
10 menit
15 menit
10 menit
5 menit
D.   Uraian Tugas
       Persiapan 
a.    Penanggung Jawab     :    Moh. Rio
Tugas                          :    Mengkoordinir acara
b.    Moderator                   :    Wiwik Ariani
Tugas                          :    1)  Membuka acara
                                        2)  Menyampaikan tujuan
                                        3)  Kontrak waktu pelaksanaan
                                        4)  Memimpin jalannya kegiatan
c.    Presenter                     :    Rika Anggraini
Tugas                          :    1)  Memberikan penyuluhan
                                        2)  Mempraktekkan bahan penyulahan
d.   Observer                     :    Rahmadani Afrianti
Tugas                         :    1)  Mengamati jalannya kegiatan
                                       2)  Menyimpulkan hasil kegiatan
e.    Fasilitator                    :    Arlin
                                        Amri
                                        Bebel wegianti
                                        Era Syahroni
                                        Juminah
                                        Kamisah
                                        Kelik Arifin
                                        Khairul Umam
                                        M. Ari Ilhas
                                        Moh. Rio
                                        Moh. Syahril
                                        Nono Fenri
                                        Radiah
                                        Rio Oktrinaldi
                                        Riski Kurniadi
                                        Safyuddin
                                        Sherlita Yulia Ningsih
                                        Yuke Citra Wulandari
                                        Yazir Arafat
                                         
E.   Evaluasi Kegiatan
       1.  Evaluasi Struktur
            a.  100 % siswa-siswi hadir
            b.  Tempat dan alat tersedia sesuai dengan acara
            c.  Peran dan tugas mahasiswa sesuai rencana
       2.  Evaluasi Proses
            a.  Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan waktu yang direncanakan
            b.  Peserta berperan aktif dalam pertemuan
       3.  Evaluasi Hasil
            a.  Siswa-siswi mampu menyebutkan pengertian cuci tangan yang benar
            b.  Siswa-siswi mampu menyebutkan alasan harus mencuci tangan yang benar
            c.  Siswa-siswi mampu menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
            d.  Siswa-siswi mampu menyebutkan cara cara cuci tangan yang benar
            e.  Siswa-siswi mampu menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar
            f.  Siswa-siswi mampu mempraktikkan cara cuci tangan yang benar
MENCUCI TANGAN YANG BENAR
A.   Pengertian
                 Cuci tangan yang benar adalah salah satu tindakan kebersihan diri dengan membersihkan tangan dan jari menggunakan air sabun untuk membersihkan dari kuman-kuman penyakit
B.   Alasan Mencuci Tangan Dengan Sabun
       1.  Air bersih yang mengalir dapat membersihkan kotoran dan kuman
       2.  Sabun dapat membersihkan kotoran dan kuman karena tanpa sabun kotoran masih tertinggal ditangan
       3.  Air kotor banyak mengandung kuman dan bakteri penyakit
C.   Waktu Mencuci Tangan Yang Benar
       1.  Sebelum dan setelah makan
       2.  Sebelum memegang makanan
       3.  Setelah bermain dan berolahraga       
       4.  Setelah buang ingus
       5.  Setelah BAK dan BAB
       6.  Setelah menyentuh hewan peliharaan
       7.  Sebelum mengobati luka
       8.  Sebelum melakukan kegiatan apapun yang memasukkan jari kedalam mulut
D.   Cara Mencuci Tangan Yang Benar
       1.  Basahkan rata kedua telapak tangan dengan air mengalir
       2.  Sabunkan sampai berbuih
       3.  Usapkan kedua telapak tangan hingga sabun benar-benar rata keseluruh telapak tangan
       4.  Ratakan sabun ke celah-celah jari.     
       5.  Bersihkan kuku jari dengan cara menggaruk-garuk jari ketelapak tangan
       6.  Bilas tangan dengan air mengalir hingga hilang semua sabun
       7.  Keringkan tangan menggunakan lap tangan
E.   Akibat Tidak Mencuci Tangan
       1.  Diare atau mencret
       2.  Infeksi cacing
       3.  Infeksi mata
       4.  Infeksi kulit
 
LAPORAN HASIL KEGIATAN PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI KESEHATAN TENTANG CUCI TANGAN YANG BENAR
DI DESA RAWA ASRI
1.    Tahap Persiapan
                 Tahap pesiapan dari kegiatan ini adalah pembuatan pre planning, persiapan penyajian slide power point dan alat peraga, tempat dan alat-alat lainnya disiapkan oleh anggota kelompok sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Pemberitahuan penyuluhan dilakukan pada tanggal 21 Juni 2011 pada saat Musyawarah Masyarakat Desa (MMD).
                 Pembuatan slide power point dimulai pada hari Rabu, 22 Juni 2011 setelah pre planning disetuju oleh Pembimbing Akaademik. Kemudian dilakukan pengecekan tugas masing-masing anggota, kendala yang ada dihadapi langsung oleh penanggung jawab kegiatan.
2.    Tahap Pelaksanaan
                 Acara dilaksanakan hari Kamis, 23 Juni 2011 pada pukul 09.00 WIB, dilaksanakan selama ± 3 Jam. Acara dimulai dengan penyuluhan tentang mencuci tangan yang benar kemudian di praktekkan langsung oleh presenter. Siswa-siswi mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar.
3.    Evaluasi
       a.  Struktur
            -    Siswa-siswi yang hadir sebanyak 51 murid yang terdiri dari murid TK dan SD.
            -    Setting tempat sudah sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan perlengkapan yang digunakan selama penyuluhan (slide power point dan alat peraga), tersedia dan sudah digunakan sebagaimana mestinya.
            -    Peran mahasiswa sesuai dengan  perencanaan, presenter, penanggung jawab, moderator, observer dan fasilitator sesuai dengan perencanaan.
            -    Penggunaan bahasa sudah komunikatif dalam penyampaian, siswa-siswi cukup paham dengan apa yang disampaikan dan mahasiswa memfasilitasi murid selama jalannya penyuluhan.
       b.  Proses
                     Pelaksanaan kegiatan pukul 09.00 s.d 12.00 WIB sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Siswa-siswi yang diberi penyuluhan mengikuti penyuluhan dari awal hinggga akhir.
       c.  Hasil
            1)  75 % siswa-siswi dapat menyebutkan tentang pengertian cuci tangan yang benar
            2)  75 % siswa-siswi dapat menyebutkan alasan mencuci tangan yang benar
            3)  50 % siswa-siswi dapat menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
            4)  50 % siswa-siswi dapat menyebutkan cara mencuci tangan yang benar
            5)  50 % siswa-siswi dapat menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar
            6)  100 % mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar